Sekretariat dipimpin oleh seorang sekretaris yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas dan mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan di bidang rencana kerja, monitoring dan evaluasi, pengelolaan keuangan dan aset, administrasi kepegawaian dan umum serta bertanggungjawab memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan dan administrasi di lingkungan Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan. Sekretariat mempunyai fungsi : (a) penyusunan program kerja di lingkungan sekretariat;

(b) penyiapan bahan dan perumusan kebijakan di bidang penyusunan rencana kerja, monitoring dan evaluasi, umum dan aparatur, serta pengelolaan keungan dan aset;

(c) pengkoordinasian dan fasilitasi terhadap penyusunan rencana kerja, monitoring dan evaluasi, umum dan aparatur, serta pengelolaan keungan dan aset;

(d) pemberian dukungan pelayanan administrasi penyusunan rencana kerja, monitoring dan evaluasi, umum dan aparatur, serta pengelolaan keungan dan aset di lingkungan Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan;

(e) penyelarasan dan kompilasi penyusunan rencana kerja di lingkungan Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

(f) penyelenggaraan urusan dan pelauyanan di penyusunan rencana kerja, monitoring dan evaluasi, umum dan aparatur, serta pengelolaan keungan dan aset di lingkungan Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

(g) pengawasan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di lingkungan sekretariat;

(h) pemberian saran dan pertimbangan kepada Kepada Kepala Dinas berkenaan dengan tugas dan fungsi di bidang sekretariat;

(i) pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di lingkungan Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan;

(j) pelaksanaan fungsi lain di bidang kesekretariat yang diserahkan oleh Kepala Dinas sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Sekretariat membawahi

(a) sub Bagian Rencana Kerja, Keuangan dan Aset; dan

(b) sub Bagian Umum dan Aparatur, yang masing-masing mempunyai tugas dan fungsi sebagai berikut:

  • Sub Bagian Rencana Kerja, Keuangan dan Aset

Sub Bagian Rencana Kerja, Keuangan dan Aset mempunyai tugas mengumpul dan mengolah bahan kebijakan penyusunan rencana kerja, monitoring dan evaluasi, pengelolaan keuangan dan aset serta mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Rencana Kerja, Keuangan dan Aset mempunyai fungsi

(a) penyusunan rencana kegiatan Sub Bagian Rencana Kerja, Keuangan dan Aset;

(b) pengumpulan, pengolahan bahan dan perumusan kebijakan di bidang penyusunan rencana kerja, monitoring dan evaluasi serta pengelolaan keuangan dan aset di lingkungan Dinas;

(c) pemberian dukungan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di lingkungan sekretariat;

(d) pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi sesuai dengan tugas dan fungsi di bidang penyusunan Rencana Kerja, Keuangan dan Aset;

(e) pelaksanaan urusan di bidang penyusunan rencana kerja serta pengelolaan keuangan dab aset sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

(f) pengendalian dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas di Sub Bagian Rencana Kerja, Keuangan dan Aset;

(g) pemberian saran dan pertimbangan kepada sekretaris berkenaan dengan tugas dan fungsi di bidang penyusunan Rencana Kerja, Keuangan dan Aset;

(h) pelaksanaan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang penyusunan rencana kerja serta pengelolaan keuangan dan aset; (i) pelaksanaan fungsi lain di bidang rencana kerja, keuangan dan aset yang diserahkan sekretaris.

 

  • Sub Bagian Umum dan Aparatur

Sub Bagian Umum dan Aparatur mempunyai tugas mengumpul dan mengelola bahan kebijakan di bidang umum dan aparatur serta mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Umum dan Aparatur mempunyai fungsi sebagai berikut :

(a) penyusunan rencana kegiatan Sub Bagian Umum dan Aparatur;

(b) pengumpulan, pengolahan bahan dan perumusan kebijakan di bidang Umum dan Aparatur di lingkungan Dinas;

(c) pemberian dukungan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di lingkungan sekretariat;

(d) pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi sesuai dengan tugas dan fungsi di bidang Umum dan Aparatur;

(e) pelaksanaan urusan di bidang Umum dan Aparatur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

(f) pengendalian dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas di Sub Bagian Umum dan Aparatur;

(g) pemberian saran dan pertimbangan kepada sekretaris berkenaan dengan tugas dan fungsi di bidang Umum dan Aparatur;

(h) pelaksanaan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang Umum dan Aparatur;

(i) pelaksanaan fungsi lain di bidang Umum dan Aparatur yang diserahkan sekretaris.