KEGIATAN PELAYANAN PENANGGULANGAN KEMAJIRAN DAN PENGOBATAN TERNAK SAPI DI KABUPATEN KUBU RAYA

Kegiatan ini bertujuan untuk mendiagnosa dan pengobatan dalam upaya  penanggulangan gangguan reproduksi pada ternak sapi.  Disamping itu, juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan ternak  dan pengobatan gratis terutama pada ternak-ternak sapi bantuan pemerintah (APBN, APBD).

Kegiatan pelayanan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 02-03 Agustus 2009, dengan pembagian wilayah sebagai berikut:

  1. Tanggal 02 Agustus di Kec. Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya.
  2. Tanggal 03 Agustus di Kec. Sei. Kakap, Kabupaten Kubu Raya. 

Kegiatan ini bekerjasama dengan UPT Klinik Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat. 

Petugas yang terlibat meliputi: Drh. S. Endra Sulistya dan Drh. Samsurizal (Bidang Keswan), Drh. Chandra Arikha, Drh. Sofia Febrianita dan Drh. Maslihah Umami (UPT Klinik Hewan), serta Sy. Zulfikarnaen dan Rio Waldi (paramedis Bidang Keswan). 

Kegiatan ini juga melibatkan petugas lapangan dari Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya, yaitu: Taryono, SPt dan  Sartono, AMd  untuk Kecamatan Rasau Jaya; dan Dedy Andriadi, AMd untuk Kecamatan Sungai Kakap.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan antara lain:

  1.  Penyuluhan tentang kesehatan ternak sapi.
  2. pengumpulan data tentang gangguan reproduksi dan kejadian penyakit
  3. Pemeriksaan kebuntingan dan gangguan reproduksi di Kecamatan Rasau Jaya sebanyak 7 ekor dan di Kecamatan Sungai kakap sebanayk 11 ekor.
  4. Pemeriksaan kesehatan dan pengobatan ternak sapi di Kecamatan rasau Jaya 23 ekor dan di Kecamatan Sungai Kakap sebanay 28 ekor.
  5. Pengambilan spesimen prefarat ulas darah untuk pemeriksaan parasit darah dan feses untuk pemeriksaan infeksi cacing, dilaksanakan di UPT Laboratorium  Kesehatan Hewan dan

Kesehatan Masyarakat Veteriner, di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalbar.