PPID - PROSEDUR PERMOHONAN INFORMASI

PROSEDUR PERMOHONAN INFORMASI

PROSEDUR PERMOHONAN INFORMASI

MEKANISME PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK

  1. Pemohon informasi datang ke desk layanan informasi mengisi formulir permintaan informasidengan melampirkan foto copy KTP pemohon dan pengguna informasi, bagi lembagapublik/ormas dilengkapi foto copy akta pendirian, surat keterangan terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Barat/setempat, surat keterangan domisili lembaga publik/ormas.
  2. Maksud dan tujuan permintaan informasi harus jelas penggunaannnya.
  3. Petugas memberi  tanda bukti penerimaan permintaan  informasi publik. kepada pemohon informasi publik.
  4. Petugas memproses permintaan pemohon informasi publik sesuai dengan formulir permintaan informasi publik yang telah ditandatangani oleh pemohon informasi publik.
  5. Petugas menyerahkan informasi sesuai dengan yang diminta oleh pemohon/pengguna informasi. Jika informasi yang diminta masuk dalam kategori dikecualikan, PPID menyampaikan alasan sesuai dengan keterangan perundangan yang berlaku.
  6. Petugas memberikan Tanda bukti Penyerahan informasi Publik kepada pengguna informasi  publik.
  7. Membukukan dan mencatat.

JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

  1. Penyelesaian untuk memenuhi permintaan pemohon informasi publik dilakukansetelah pemohon informasi memenuhipersyaratan yang telah ditentukan.
  2. Sesuai dengan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, waktu penyelesaianpermohonaninformasi dilaksanakan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterima permintaanPejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) akan menyampaikan pemberitahuanyang berisikan informasi yang diminta berada dibawah penguasaannya atau tidak.Dan PPID dapat memperpanjang waktu paling lambat 7 (tujuh) hari kerja.
  3. Penyampaian/pendistribusian/penyerahan informasi publik kepada pemohon informasi       publik dilakukan secara langsung,  dengan menandatangani berita acara penerimaan       informasi publik.
  4. Jika permohonan informasi diterima, maka dalam surat pemberitahuan juga dicantumkan materi informasi yang diberikan, format informasi, apakah dalam bentuk softcopy atau hard copy. Apabila dibutuhkan untuk keperluan penggandaan menjadi tanggungjawab atau beban pemohon informasi. Bila permintaan  informasi ditolak, maka dalam surat pemberitahuan dicantumkan alasan  penolakan  berdasarkan UU KIP

Tarif / Biaya

Untuk penyediaan informasi publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi menyediakan secara gratis (tanpa dipungut biaya), sedangkan untuk penggandaan, pemohon/pengguna informasi publik dapat melakukan penggandaan/fotocopy sendiri di sekitar gedung Dinas Pangan Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat atau biaya penggandaan ditanggung oleh pemohon informasi.