REFRESHER SINKRONISASI DAN KONSOLIDASI PEMERIKSAAN HEWAN/TERNAK/PRODUK HEWAN OLEH PETUGAS PENGAWAS LALU LINTAS (CEK POINT) PROVINSI KALIMANTAN BARAT

REFRESHER SINKRONISASI DAN KONSOLIDASI PEMERIKSAAN HEWAN/TERNAK/PRODUK HEWAN OLEH PETUGAS PENGAWAS LALU LINTAS (CEK POINT) PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Berdasarkan Undang-Undang 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah bahwa Provinsi mempunyai kewenangan dalam pengawasan pemasukan dan pengeluaran hewan dan produk hewan lintas Provinsi dan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2014 Tentang Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Hewan bahwa Pengawasan lalu lintas hewan dan media pembawa penyakit hewan lainnya serta produk hewan nonpangan yang berisiko menularkan penyakit ke hewan dan lingkungan hidup dilakukan di Pos Pemeriksaan Kesehatan Hewan (Cek Point).


Cek point merupakan Pos pelayanan administratif masyarakat yang memiliki tugas pengawasan dan pemeriksaan keluar dan masuknya hewan atau produk hewan baik pemeriksaan fisik (kesehatan hewan atau produk asal hewan) maupun dokumen. Cek point di Kalimantan Barat berlokasi di Nanga Tayap dan Manis Mata Kabupaten Ketapang yang merupakan perbatasan dengan Provinsi Kalimantan Tengah. Petugas cek point di Nanga Tayap yaitu Antonius Sejuki dan Ajum, sedangkan petugas cek point di Manis Mata yaitu Andi Nata dan Ruslan.
Kegiatan refresher sinkronisasi dan konsolidasi pemeriksaan hewan dan produk hewan dilaksanakan tanggal 8 Maret 2021 yang bertemapat di aula Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPPKH) Provinsi Kalimantan Barat dihadiri oleh Kepala Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPPKH) Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Kepala Seksi Pengawasan Obat Hewan dan Kelembagaan Kesehatan Hewan, Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Hewan, Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner dan staf Bidang Kesehatan Hewan. Kegiatan dibuka oleh Kepala DPPKH Provinsi Kalimantan Barat sekaligus memberikan arahan yaitu terkait apresiasi kepada petugas cek point dalam melakukan pemeriksaan hewan dan produk hewan dalam pemasukan dan pengeluaran dari dan ke Kalimantan Barat, mengoptimalkan kinerja dalam menjaga Kalimantan Barat untuk tercegahnya Kalimantan Barat dari penyakit hewan menular strategis, berkolaborasi dengan stakeholder terkait dalam melakukan pengawasan lalu lintas cek point.
Tujuan Pengawasan lalu lintas hewan/ternak /produk hewan di pos lalu lintas cek point yaitu :
– Mendapatkan database lalu lintas pemasukan dan pengeluaran hewan dan produk hewan (cek point) tahun 2021.
– Memberikan gambaran data lalu lintas cek point dalam mendukung upaya rencana strategis nasional dan daerah mengenai pencegahan, pengendalian dan pemberantasan penyakit hewan menular.
– Menertibkan dokumentasi administratif bagi pelaku usaha/pengguna jasa.
– Meningkatkan pemahaman petugas lalu lintas (cek point), pengguna jasa cek point dan masyarakat sekitar mengenai pentingnya pengawasan lalu lintas (cek point).

Dalam kegiatan refresher diberikan tugas petugas cek point antara lain :
– Memberhentikan kendaraan yang melintasi Pos Pemeriksaan Lalu Lintas Hewan dan Produk Hewan yang diduga membawa hewan atau produk hewan.
– Melakukan pemeriksaan administrasi dan fisik terhadap hewan dan produk hewan yang masuk dan keluar melalui Pos Lalu Lintas Hewan dan Produk Hewan.
– Melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pemasukan dan pengeluaran hewan dan produk hewan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
– Berkoordinasi dengan Kepala Puskeswan, Kepala Balai Penyuluh Pertanian, Camat, Kepala Desa serta aparat setempat dalam pelaksanaan tugas.
– Mengirimkan laporan kegiatan di Pos Pemeriksaan Lalu Lintas Hewan dan Produk Hewan setiap bulan kepada Kepala Dinas Provinsi dan Dinas Kabupaten Ketapang.
Selain itu upaya sinkronisasi dalam pengawasan lalu lintas hewan/ternak/produk hewan dari dan ke kalimantan barat dilakukan bersama dengan karantina pertanian. Untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai, di butuhkan kerja yang PRIMA dengan kajian strategis yang komprehensif ucap kepala Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan. Dalam Pemaparan lainnya Pak Kadis, menganalogikan petugas lalu lintas hewan ini seperti Akar Pohon, fungsinya sangat penting akan tetapi tidak terlihat di permukaan. hanya apresiasi yang dapat saya sampaikan kepada petugas cek point.
AKAR (AKURAT KOMPETEN AMANAH RASIONAL)
AKURAT dan teliti dalam pendataan keluar masuknya hewan
Kompeten dalam pemeriksaan fisik dan dokumen
Amanah dalam setiap menjalankan tugas
dan Rasional dalam menghadapi segala tantangan di lapangan